Episode Kuliah D IV

Grad-OpportunitiesSaya mencoba mengingat lagi peristiwa-peristiwa penting yang terjadi selama 6 tahun terakhir. Ada banyak hal yang telah terjadi dan kuliah lagi salah satu yang saya pikir perlu diceritakan kembali disini.

Pertengahan 2009, ketika masih menjabat sebagai agent call center “Kring Pajak” milik Ditjen Pajak, saya ‘dipaksa’ suami untuk nyoba tes masuk Diploma IV STAN. Ketika itu sebenernya udah ga kepikiran untuk kuliah lagi. Sudah nyaman dan menikmati lingkungan kerja dan segala tetek bengeknya. Namun demi menyenangkan suami, saya pun nyoba ikut tes.

Alhamdulillah Allah berkehendak saya harus kuliah lagi. Demi waktu bersama anak-anak, saya pun menjalani kehidupan sebagai mahasiswa (lagi).

Tidak seperti kerja yang pergi pagi pulang malam, kuliah ini punya waktu jauh lebih longgar. Sepekan tidak harus setiap hari ke kampus, kadang hanya tiga hari, itu pun tidak dari pagi hingga sore. Menyenangkan sekali bisa mengantar jemput si kembar yang udah mulai masuk sekolah ketika itu dan punya waktu lebih untuk Raisha yang waktu itu masih belum 2 tahun.

Tapi yang paling menakjubkan, yang kemudian sangat saya syukuri, adalah betapa ketika kuliah D IV itu saya sangat menikmati proses menimba ilmu di dalam kelas. Seperti ada passion yang baru tergali. Menyenangkan sekali berbagi ilmu, bertukar info, membaca buku, mengerjakan tugas, dan mendengarkan materi-materi kuliah dari dosen yang ketika Diploma III dulu tidak saya perhatikan dengan baik karena terlalu semangat berorganisasi. Mungkin mata kuliahnya yang memang menarik dan saya sukai, atau mungkin juga karena ketika itu saya ingin membuktikan kepada diri sendiri bahwa saya bisa punya IP bagus (soalnya IP saya waktu D III ga seperti yang saya harapkan).

Saat kuliah ini juga saya bertemu dengan dosen-dosen luar biasa yang senantiasa memacu mahasiswa-mahasiswanya untuk terus melanjutkan pendidikan hingga setinggi-tingginya. Dan saya termasuk yang terbakar semangatnya hehehe…

Di blog saya yang satu lagi saya sudah cerita tentang bahagianya saya jadi mahasiswa, ngerjain skripsi, dan tegangnya ketika sidang. Alhamdulillah saya bisa lulus dengan nilai yang (bagi saya) itu sangat memuaskan.

Senang bisa menjalani lagi kehidupan sebagai mahasiswa ketika itu…

Leave a Reply

