Menjelang keberangkatan

Akhir Juni – November 2014

Lima bulan lamanya saya mengikuti Pre-departure Training di kampus STAN Jurangmangu. Persiapan yang dilakukan tak hanya bahasa Inggris (persiapan tes TOEFL maupun IELTS), tapi juga persiapan lain terkait pendaftaran ke kampus yag dituju seperti GMAT/GRE, membuat statement of purpose (atau personal statement), letter of recommendation, dan berkas-berkas lain, juga pengetahuan lain seperti culture dan info-info terkait perkuliahan dan bagaimana hidup di negeri seberang.

Pelatihan ini terasa berbeda dengan pelatihan-pelatihan yang sering saya ikuti. Ada 45 orang yang berjuang bersama untuk meraih mimpi kuliah di negeri yang jauh selama 5 bulan. Bukan waktu yang singkat tentunya dan waktu jua yang menyatukan hati-hati kami. Belajar, makan, olahraga, main, nonton, jalan-jalan, semua dilakukan bersama. Kami disediakan asrama dan semua harus tidur di asrama. Hanya boleh pulang ketika weekend.

Bukan waktu yang saya nikmati sebenarnya karena disisi lain, saya harus meninggalkan Shofi kecil yang baru beranjak 1 tahun ketika itu dan terpaksa harus saya sapih karena ASI yang entah kenapa mendadak menolak untuk keluar. Juga meninggalkan Alif-Iffah-Raisha yang hanya bisa saya temui 2 kali sepekan saja. Tapi inilah konsekuensi yang harus dijalani dan saya berusaha pasrah dan ikhlas karena semua adalah kehendak Allah saja.

Desember 2014- Februari 2015

Selesai training, perjuangan baru kemudian menyusul, memilih dan mendaftar ke kampus yang dituju. Tidak gampang juga karena banyak pertimbangan dan persyaratan yang harus dipenuhi (Translate semua ijazah dan transkrip nilai, SoP, LoR, dan lain-lain.) Tergantung universitas dan program yang ingin diambil. Saya mencoba mencari info dan mendaftar ke beberapa universitas di Inggris. Sempat mempertimbangkan mendaftar ke University of Birmingham, Southampton, Leeds, Newcastle, dan York. Akhirnya complete application saya submit ke University of York untuk program Master of Public Administration dan University of Southampton untuk program Master of Business Administration.

Maret 2015

Alhamdulillah, Unconditional Offer atau Letter of Acceptance (LoA) dari kedua kampus masuk ke email saya. Setelah banyak pertimbangan dan konsultasi dengan banyak orang akhirnya saya memutuskan mengambil York sebagai tujuan kuliah saya. Setelah keputusan dibuat, saya pun mulai mengurus pasport dan visa.

Agustus 2015

Setelah menunggu sekian lama, passport biru (dinas) saya akhirnya jadi. Setelah itu saya pun segera mengurus Visa yang selesai bulan September.

my-visa

Segala persoalan administrasi kantor pun juga diurus. Tanggal 11 September 2015 adalah hari terakhir saya masuk kantor dan pamit kepada semua teman dan atasan.

Leave a Reply

