Homework after exam? Oh, no!

Masih ingat cerita UN-nya kaka Iffah dan Alif? Nah, kira-kira setelah ujian akhir, mereka ngapain aja yah? Ternyata… meskipun udah selesai seminggu berdarah-darah (ceile) ngerjain ujian SATs, bu Guru masih tega ngasih pe-er buat mereka. Dan ga cukup satu, tapi 21! Yups, dua puluh satu pe-er. Mau tau apa aja pe-er mereka? Lihat saja panjangnya…

Hari pertama anak-anak sekolah

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, anak-anak sudah melihat-lihat sekolahnya beberapa pekan sebelum masuk, di pertengahan Desember. Hanya saja karena sekolah akan libur panjang Natal dan guru-guru perlu persiapan untuk menyambut siswa baru yang tidak bisa bahasa Inggris ini, maka anak-anak baru sekolah beneran awal Januari 2016. Saya dan pihak sekolah sudah berinteraksi via email…

Daftar sekolah anak di Inggris

Salah satu alasan kenapa saya dulu memilih Inggris sebagai tujuan studi adalah karena pendidikan dasar disini gratis untuk semua. Dulu saya sempat mempertimbangkan Australia, tapi karena saya memang bertekad membawa serta keluarga dan sekolah disana tidak gratis, maka Australia pun saya coret dari daftar. Studi di Australia akan mudah bagi penerima beasiswa dari pemerintah sana (misalnya…

Kumpul lagi

Akhir Sepember 2015, saya berangkat meninggalkan orang-orang yang saya cintai. Suami, keempat bidadari, orang tua, sanak keluarga… Berpisah 15 ribu kilometer dari mereka sungguh berat untuk saya. Ini pertama kalinya saya bertualang sejauh dan selama ini… Semenjak awal, sedari berniat ingin menimba ilmu di negeri seberang, saya sudah bertekad untuk membawa serta bidadari-bidadari tercinta. Mereka…

The Fourth Angel

Lulus kuliah (awal 2012), saya ditempatkan kembali di Direktorat P2Humas lagi. Saya agak surprise, meskipun sebenernya memang pengen kembali lagi ke direktorat ini, khususnya kembali ke call center pajak “Kring Pajak”. Tapi oleh pak Kasubag TU ketika itu, saya tidak dikembalikan ke call center, melainkan ke SubDirektorat Penyuluhan Perpajakan. No problem. Senang-senang aja sih ketika…

Episode Raisha

Sebenernya saya sendiri lebih seneng nama “Khadijah” atau “Fathimah” untuk namanya si dede waktu kami lagi nyari-nyari nama, tapi si abi lebih seneng sama “Rumaisha”, jadi sayanya ngalah. [Lagian alesannya karena nanti panggilannya pasti ‘icha’ atau ‘chacha’ yang notabene nama pasaran (ya kan?) dan biasanya nama begitu anaknya manja (ga semua sih ya…)] Lagian Rumaisha…

Anakku sudah besar

Si kembarku sudah dua tahun tujuh bulan umurnya. Meski saya masih suka kesal sekali tiap mereka nangis yang hampir selalu diakhiri dengan muntah, tapi kemaren saya terkejut juga karena polahnya. Pernah suatu kali Iffah –si sulung saya- sedang ngobrol sama saya di kamar sepulang saya dari kantor. Karena ingin ganti pakaian, dan kebetulan si dede…

Pergilah sayang…

Pergilah sayang… kejarlah keberkahan Ramadhan yang tak datang dua kali Pergilah kasih… berlarilah menuju lailatul qadr yang mulia tak terkira Pergilah cinta… cepatlah terbang kepada ridho-Nya insyaAllah gerbang jannah-Nya terbuka untukmu Semoga engkau mendapatkan apa yang kau impikan sungguh… aku rela tinggal di sini berharap ridhoku atasmu membuatku juga dapat merasakan keajaiban Ramadhan ini [buat abi…

Abi boleh nikah lagi, dengan syarat…

Lagi bahas poligami di DSH… Well… semenjak belum menikah, saya termasuk golongan pro-poligami.Bukannya saya tidak cemburu, apalagi tidak cinta. Tentu saja saya cemburu sekali jika suami saya punya istri lagi. Dan jangan ditanya besarnya cinta saya kepada suami saya… Saya pernah bertanya kepada beberapa akhwat (banyak -sekalian saya survey), seandainya suatu saat anti sudah berumur…

Anak perempuanku…

Sore ini, di toilet lantai 4… “Sini.. sini… jangan gerak-gerak!” seorang gadis berpakaian seragam SMA memegang maskara berhadapan dengan temannya yang dengan pasrah menyerahkan matanya untuk di ‘poles’. “Ati-ati…” sahutnya. “Makanya kamu beli dong!” kata temennya satu lagi yang juga sedang bercermin ‘merapikan’ diri (alias dandan, yang ini dah ahli keliatannya) [Dengan cermin sepenuh dinding…

Dalam setiap geraknya ada cinta (bukan copy paste ^_^)

Begitu judul tulisannya mba nailalhusna (afwan nyontek mba…) Menceritakan bagaimana suaminya senantiasa berada disampingnya, melayaninya tatkala sakit. Ah, betapa indahnya… Betapa bahagianya sepasang manusia yang saling mencintai… Selesai membaca, pikiran saya langsung terbang ke sesosok wajah ganteng milik suami saya (halah). Hhhhh… selalu ada hela nafas panjang setiap kali mengingatnya. Entah apa yang sudah saya…

Long weekend yang sedih

Senengnya karena liburan 3 hari. Tapi apa mau dikata, badanku meminta haknya untuk istirahat. Sabtu, jadwal ‘arisan’ pekanan, sore juga. Ahad kusempatkan jalan-jalan sama si kembar. Udah lama pengen ngajak mereka jalan-jalan. Semenjak si dede lahir, waktuku habis dengan penghuni baru ini. Dua kakaknya ini sayang sekali sama si kecil. Alhamdulillah ga sampe cemburu yang…

“Tidak terlalu romantis”? dan si Abi pun protes…

Sepertinya saya harus mengoreksi tulisan saya mengenai keromatisan suami saya, terutama setelah beliau mem’protes’ tulisan saya berjudul “Sebongkah Rindu Untuk Cinta” (beliau memang selalu saya suruh membaca semua tulisan saya, termasuk mengedit atau mendelete -bila perlu). Sebenernya bukan keseluruhan tulisan yang dia protes, hanya sebuah kalimat tentang “standar romantis” beliau yang saya beri nilai “tidak…

Sebongkah Rindu untuk Cinta

Cintaku sedang jauh di mata, untuk urusan dinas tentunya. Kangen? Jangan ditanya deh… Barusan buka salah satu Forum yang mbahas ‘bahasa cinta’ (waduh!). Hmmm… kalo boleh cerita dikit… Suami tidak terlalu romantis, tapi ya ‘lumayan’lah.  Sering panggil “sayang”, bilang “abi sayaaaaang banget sama umi” juga…  Tapi jangan coba minta bunga, puisi, hadiah, pengalaman kemaren-kemaren sih selalu…

Hari ini makan terus…

Tiga hari ini ASI-ku tiba-tiba berkurang. Entah karena emang ga banyak makan atau karena lagi stress… (lagi bingung karena belum dapet pembantu nih…) Kemaren agak panik karena simpenan ASI di kulkas habis. Pas meres ga banyak yang keluar (orang diabisin terus sama si dede). Duh…! Mungkin karena lagi males juga… Soalnya meres itu (just for…

Selamat Datang Rumaisha!

3 bulan sudah usia mujahidah ketigaku. Sekarang bidadariku sudah bisa tertawa, sudah bisa diajak ngobrol juga. 10 April 2008. Beberapa hari yang lalu perutku sempet mules, rasanya sakit sekali, persis seperti mau melahirkan. Awalnya panik, tapi segera kuatur napas, tenangkan pikiran. Tak sampai 5 menit sakit berkurang, kemudian hilang. Kutunggu berjam-jam kemudian tidak sakit lagi….

Aku dan Sholeh

Sholeh…. Nama yang aku dan suami berikan untuk janin yang ada di perutku. Dulu waktu Iffah dan Alif masih berkutat bersempit-sempit ria di dalam perut, kami juga memanggilnya dengan nama itu. Sholeh… atau Shalih… berharap janin ini nantinya menjadi hamba Allah yang shalih juga. Umur Sholeh sekarang sudah hampir 39 minggu dari perkiraan sekitar 40…

Cerita Rumah Sakit

Ini sedikit cerita waktu Iffah dirawat 4 hari di rumah sakit bulan Januari lalu. Waktu itu Iffah masuk ke kamar kelas 2 yang isinya ada 4 orang (maklum, untuk orang tuanya yang masih golongan II, jatah Askesnya ya di kelas 2). Waktu itu kamar terisi penuh, sudah ada 3 penghuni lainnya. Iffah dapet tempat tidur…

Titik Balik

Buatku saat itu adalah sebuah titik balik. Malam itu, sudah malam kedua Iffah panas. Aku ngga terlalu mengganggap hal itu serius karena siangnya Iffah udah main lagi. Kadang Iffah -juga Alif- suka panas tapi segera turun besoknya, jadi aku anggap itu hal yang biasa. Waktu itu, sepulang dari kantor, Iffah lagi di gendong sama neneknya…

Iffah dan Alif

Bidadari kecilku… Si Kembar ini lahir tanggal 30 April 2006, saat usia kehamilanku waktu itu baru 35 minggu. Untuk bayi yang ‘matang’ seharusnya baru lahir di usia 36-37 minggu. Tapi sepertinya mereka sudah tak sabar lagi ingin melihat dunia ini. Panjang kalo mau diceritain gimana proses lahirannya. Yang jelas, alhamdulillah aku melahirkan tanpa operasi alias…